Tinjau Tol Cipali, Dirjen Rida Pastikan Pasokan BBM Aman

Tim Pertamina Siaga melakukan tinjauan di sejumlah rest area Tol Cipali dan Terminal BBM Balongan untuk memastikan pasokan BBM aman pada puncak arus mudik lebaran. (Foto: esdm.go.id)

Indramayu – Ketua Posko Lebaran Sektor ESDM Rida Mulyana melakukan peninjauan di sejumlah rest area Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) untuk memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman pada puncak arus mudik lebaran. Beberapa titik yang dikunjungi antara lain rest area kilometer 86 B, 130 B, 207 A, dan 228 A.

“Kami ingin memantau kondisi lapangan, sekaligus merasakan kepadatan arus mudik,” ujar Direktur Jenderal Ketenagakerjaan itu, Jumat (31/5/2019).

Rida melaporkan bahwa pasokan BBM pada H-5 di sepanjang Tol Cipali aman. Pasokan BBM untuk sejumlah rest area baik jalur utama maupun contra flow dipastikan dalam kondisi cukup. Semua SPBU dan SPBU modular yang pihaknya kunjungi dilaporkan dalam kondisi aman dan terkendali.

Pada rest area KM 207 A Tol Cipali dan KM 228 A Tol Kanci Pejagan terdapat Kios Pertamina Siaga yang menjual BBM jenis Pertamax dalam kemasan kaleng 10 Liter dan Dex dalalm kemasan jerigen 10 Liter, dua SPBU Modular yang menyediakan BBM jenis Pertamax, serta adanya SPBU 34.451.60 dan 33.451.02. Sedangkan pada rest area KM 228 A terdapat fasilitas Rumah Pertamina Siaga untuk beristirahat.

Selain itu, kondisi rest area KM 86 B dan 130 B Tol Cipali terdapat Kios Pertamina Siaga yang menjual BBM jenis Pertamax kemasan kaleng 10 Liter dan Dex dalam kemasan jerigen 10 Liter, juga terdapat dua SPBU modular yang menyediakan BBM jenis Pertamax.

Kunjungan Ke Terminal BBM Balongan

Didampingi Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas (BPH Migas) Patuan Alfon, Rida melanjutkan kunjungannya ke Terminal BBM Balongan, Indramayu. Pada kunjungan tersebut, Tim Pertamina Siaga melaporkan bahwa realisasi penyaluran Terminal BBM ke SPBU pada Kamis (30/5/2019) lalu naik 30 persen dari rata-rata harian.

Kenaikan ini didominasi BBM jenis Pertamax yang naik hingga 60 persen. Berdasarkan forecast, akan terjadi puncak penyaluran pada tanggal H-3 lebaran. Peningkatan penyaluran di daerah Majalengka dan Cirebon diprediksi sebesar enam persen, sementara stok BBM SPBU dilaporkan aman dan terkendali.

Pada Terminal BBM Balongan terdapat Depot Balongan yang memiliki luas area 12 Ha dan beroperasi sejak 1976. Kapasitas tangki timbun 84.001 KL dan thruput kurang lebih 3.221 Kl per hari. Di lokasi tersebut terdapat Terminal Transit Utama Balongan yang memiliki luas area 48 Ha dan beroperasi sejak 1994. Terminal BBM Balongan beroperasi melayani beberapa SPBU di sepanjang ruas Tol Cipali, Palikanci, dan Kanci-Pejagan.

Menurut Rida, respon masyarakat sangat baik terhadap pelayanan yang dilakukan oleh pihaknya. “Mudik menjadi lebih lancar. Tidak terlihat antrean pengisian BBM yang panjang di sepanjang Tol Cipali,” imbuhnya.