PJU-TS Kini Hadir di Garut

Rudy Suhendar, Kepala Badan Geologi yang hadir di Desa Sukahurip, Kec. Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Humas EBTKE)

GARUT — Salah satu program pembangunan infrastruktur yang memanfaatkan sumber energi baru terbarukan untuk melayani masyarakat yaitu pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

Pada tahun 2018, PJU-TS ditargetkan akan dibangun di 27 provinsi, sebanyak 21.755 unit dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 403 miliar. Salah satu lokasi dibangunnya PJU-TS yaitu di Kabupaten Garut, yang akan dibangun sebanyak 260 unit PJU-TS yang tersebar di 28 kecamatan untuk tahun 2018.

Kabupaten Garut yang topografinya terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan, menjadikan Kabupaten Garut sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat.

“Dengan terbangunnya PJU-TS ini diharapkan dapat lebih meningkatkan potensi pariwisata yang ada dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat pada saat beraktifitas di malam hari” ungkap Rudy Suhendar, Kepala Badan Geologi yang hadir di Desa Sukahurip, Kec. Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat Jumat lalu (7/12/2018).

Rudy hadir di Desa Sukahurip, Garut untuk memberikan bantuan sarana air bersih (sumur bor) untuk lima daerah sulit air di Kabupaten Garut dan serah terima secara simbolis program pemasangan PJU-TS.

Hadir pula Anggota Komisi VII DPR RI, Dony Maryadi Oekon, yang menginisiasi pembangunan PJU-TS bersama Pemerintah Kabupaten Garut.

“Jadi acara hari ini yaitu proyek kegiatan baik itu pemboran air maupun penerangan jalan itu sebagai akuntabilitas kami yang telah melaksanakan melalui APBN 2018, untuk dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Melalui kegiatan seperti hari ini adalah salah bentuk pertanggungjawaban pekerjaan kita yang sudah selesai, disaksikan oleh masyarakat, oleh pengawas kami, dari legislatif, dan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dan melalui proses yang benar, diharapkan manfaatnya sebesar-besar untuk kepentingan masyarakat,” pungkas Rudy.

Kepala Desa Sukahurip, Indra Asep mengungkapkan rasa terima kasih atas terwujudnya bantuan sumur bor untuk air bersih dan PJU-TS ini.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah atas bantuan sumur bor dan PJU TS ini, masyarakat sangat antusias, masyarakat Desa Sukahurip sangat membutuhkan sekali bantuan penerangan karena lampu penerangan jalan ini masih belum merata”, ungkap Indra.

Kecamatan Cigedug masih ada beberapa titik yang masih membutuhkan PJU terkait kerawanan. Dari 260 PJU-TS di Kabupaten Garut, untuk kecamatan Cigedug mendapatkan 7 titik yang akan tersebar di Desa Sukahurip.