Uji Kesesuaian, Implementasi Peningkatan Infrastruktur Keselamatan Radiasi

Pertemuan merupakan kegiatan rutin BAPETEN setiap tahunnya , mengusung tema Implementasi Peraturan BAPETEN No. 2 Tahun 2018 dan tantangannya. (BAPETEN)

TANGERANG SELATAN — Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)menggelar Pertemuan Teknis Lembaga Uji Kesesuaian Pesawat Sinar X Radiologi Diagnostik dan Intervensional, di Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (23/11/2018).

Pertemuan mengundang seluruh Lembaga Uji Kesesuaian (LUK) ini, dibuka resmi oleh Deputi Perizinan dan Inspeksi Khoirul Huda, didamping Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Dedik Eko Sumargo, serta Kasubdit Jaminan Mutu Rini Suryanti.

Pertemuan merupakan kegiatan rutin BAPETEN setiap tahunnya , mengusung tema Implementasi Peraturan BAPETEN No. 2 Tahun 2018 dan tantangannya. Hal ini didasarkan adanya pergantian Perka BAPETEN No. 9 Tahun 2011 dengan Perban No. 2 Tahun 2018.

Sejak dikeluarkannya Peraturan Kepala BAPETEN Nomor 9 Tahun 2011 tentang Uji Kesesuaian, mengamanatkan untuk pemegang izin wajib melaksanakan uji kesesuaian terhadap Pesawat Sinar X Radiologi Diagnostik dan Intervensional melalui penguji berkualifikasi.

Implementasi Perban No. 2 Tahun 2018, banyak ditemui kendala yang dihadapi. Hal tersebut menjadi tantangan. Tenaga ahli yang diwajibkan ada pada setiap LUK, butuh ketersediaan tenaga ahli yang tidak sedikit. Yakni, berubahnya kualifikasi pendidikan untuk penguji berkualifikasi dan persyaratan LUK yang wajib menyampaikan sertifikat akreditasi pada saat perpanjangan.

Sejak tahun 2016, BAPETEN berinisiatif mengambil langkah melakukan pendidikan dan pelatihan calon tenaga ahli. Menghasilkan 35 orang tenaga ahli. Kemudian mendorong LUK yang telah mempunyai tenaga ahli agar segera mengajukan penunjukan.

Terdapat 38 dari 45 LUK yang turut berpartisipasi dalam pertemuan ini. Pada tahun 2018 terdapat penambahan 2 LUK baru. Sedangkan Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) yang dikeluarkan sebanyak 51 yang terdiri dari 22 penetapan baru dan 29 perpanjangan.

Tujuan digelarnya pertemuan sebagai ajang untuk saling bertukar informasi dan evaluasi, sehingga dapat melaksanakan uji kesesuaian dengan lebih baik lagi. Uji kesesuaian merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan peningkatan infrastruktur keselamatan radiasi di bidang kesehatan.

Melalui kebijakan strategi keselamatan nuklir dan radiasi, yang diwujudkan dalam program prioritas BAPETEN 1, Penguatan Jaminan Perlindungan Keselamatan Pasien Radiologi. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan KTUN atau Sertifikat Lembaga Uji Kesesuaian.