Pengelolaan Blok Mahakam Diputuskan Akhir Februari 2015

PARTISIPASI DAERAH - Pemerintah menyambut baik partisipasi pemda dalam pengelolaan Blok Mahakam. (Foto: DPRD Kaltim)
PARTISIPASI DAERAH – Pemerintah menyambut baik partisipasi pemda dalam pengelolaan Blok Mahakam. (Foto: DPRD Kaltim)

Jakarta, ENAS ** Pengelolaan Blok Mahakam akan diputuskan akhir Februari 2015. Pemerintah saat ini masih melakukan kajian mendalam dan komprehensif serta melibatkan berbagai unsur terkait hak pengelolaan Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas (migas) Mahakam di Kalimantan Timur.

“Mahakam, rencana kita akhir Februari sudah bisa diputuskan, sampai di mana harusnya sudah mendekati final. Para pihak sudah paham apa maunya pemerintah seperti apa,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, di Jakarta, Senin (19/01/2015).

WK Mahakam merupakan salah satu wilayah kerja migas yang berperan penting dalam produksi migas nasional. Kementerian ESDM dan SKK Migas bertugas mengelola sumberdaya alam tersebut untuk dijaga dan terus ditingkatkan produksinya sebagai salah satu upaya pencapaian target produksi migas nasional, sekaligus target penerinaan negara.

“Tinggal duduk satu dua kali lagi. Kan setiap minggu ada diskusi agar ketika keputusan yang diambil dapat dipahami semua pihak,” kata Sudirman.

Partisipasi Pemda

Menurutnya, pemerintah menyambut baik keinginan pemerintah daerah yang ingin berpartisipasi dalam pengelolaan Blok Mahakam.

“Kemarin, kita kedatangan tamu dari Pemerintah Daerah Kalimantan Timur yang menyampaikan aspirasinya kepada kita. Aspirasi yang wajar. Kita ingin memberi kesempatan kepada Pemerintah Daerah setempat yang ingin berpartisipasi dalam pengelolaan Blok Mahakam,” tutur Sudirman.

Seperti diketahui, Blok Mahakam dikelola oleh Total EP Indonesie sejak 31 Maret 1967 untuk 30 tahun. Ketika kontrak pertama berakhir pada 1997, perusahaan asal Prancis itu mendapat perpanjangan kontrak selama 20 tahun hingga 2017.