Sudirman Said: Membuka Sumbatan Di Tubuh ESDM Prioritas Utama

Menteri ESDM, Sudirman Said
Menteri ESDM, Sudirman Said

Jakarta, ENERGI NASIONAL ** Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said memprioritaskan program untuk mengurai sumbatan (debottlenecking) sebelum mengambil langkah strategis di Kementerian ESDM. Seperti SKK Migas, saat ini masih diketuai oleh Plt (Pelaksana tugas). Diperlukan figur yang lebih menjawab dan perlu ditetapkan pimpinan yang definitif.

Terkait peningkatan produksi minyak di tahun 2014, Sudirman menyatakan akan realistis dan meminta pendapat para ahli untuk mengurai sumbatan yang menjadi faktor utama menurunnya produksi minyak Indonesia.

“Tahun 2014 terlalu pendek untuk melakukan intervensi atau mengurai sumbatan-sumbatan. Saya akan realistis melihat dan minta pendapat para ahli seberapa besar ruang untuk perbaikan tahun ini. Kita pelajari apa yang selama ini kurang, diharapkan tahun 2015 ke depan akan ada perbaikan,”ujar Menteri seperti dirilis di laman ESDM.

ia menambahkan, di sisi hulu migas menunjukkan kecenderungan perusahaan yang bergerak ke hulu migas semakin besar jumlahnya. Namun, kemampuannya di bawah rata-rata. “Ini yang menyebabkan beberapa kali diberi wilayah kerja, tapi tidak dikerjakan tepat waktu,” tutupnya.