Pemerintah Tawarkan Investasi Migas ke Anggota MEPC

Country Briefing wakil Indonesia di ajang ADIPEC 2014, Abu Dhabi (Sumber: esdm.go.id)
Country Briefing wakil Indonesia di ajang ADIPEC 2014, Abu Dhabi (Sumber: esdm.go.id)

Abu Dhabi, ENERGI NASIONAL ** Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) menawarkan investasi sektor minyak dan gas di Indonesia kepada anggota The Middle East Petroleum Club dalam ajang ADIPEC 2014.

Bertema “Indonesia Boosting And Enhancing Production“, penawaran dilakukan dalam acara country briefing Indonesia yang digagas The Middle East Petroleum Club, Rabu (12/11/2014).

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman, berbicara mengenai Indonesia, “Kami sukses mengelola pertumbuhan ekonomi dengan rata-rata 5.9% dalam kurun waktu 2008-2013 di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang kurang baik saat ini.”

Imbuhnya, dalam kuartal pertama 2014, Indonesia nomor dua dari 20 negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. “Menurut Bank Dunia, Indonesia merupakan satu dari 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi saat ini,” tegas Salman.

“Potensi lainnya adalah populasi penduduk Indonesia ke-4 terbesar di dunia dengan jumlah tenaga produktif yang cukup besar, yaitu usia 25 – 39 tahun,” lanjutnya.

Diungkapkan juga, Indonesia merupakan negara demokrasi yang baik dengan pertumbuhan ekonomi 5% – 6%, bahkan saat krisis ekonomi global melanda. Hal terpenting, “Indonesia memiliki sumber kekayaan energi yang beragam (minyak dan gas, batubara, tembaga, timah,nikel dan industri mineral),” ujar Saleh.

Dijelaskan Saleh cadangan minyak dan gas Bumi (Data Januari 2014), “Total cadangan minyak Indonesia adalah 7.549,81 MMSTB dengan rincian 3.692,50 MMSTB (proven), 3.857,31 MMSTB (Potential). Adapun, total cadangan gas Indonesia adalah 152.89 TSCF dengan rincian 104.71 TSCF (proven) dan 48.18 TSCF (potential).”

Portfolio Manager PT Pertamina, Kristyadi Winarto, menawarkan kerjasama upstream (minyak dan gas bumi), downstream, transportasi dan pengembangan energi baru terbarukan di wilayah-wilayah milik Pertamina Geotermal.

Selanjutnya, Vice President Communication PT Perusahaan Gas Negara (Tbk), Rida Ababil menjelaskan mengenai PT Perusahaan Gas Negara (Tbk) dan strategi untuk memenuhi kebutuhan gas nasional oleh PT PGN, serta memperoleh akses untuk pemasok gas baru, mengembangkan dan mencari peluang pasar baru.