Menteri ESDM: Mencari Sumber Energi Alternatif, Beli Minyak secara Langsung

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menerima kunjungan delegasi Sonangol EP dari Angola, Francisco de Lemos Jose Maria, Senin (3/10/2014) (sumber: esdm.go.id)
Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menerima kunjungan delegasi Sonangol EP dari Angola, Francisco de Lemos Jose Maria, Senin (3/10/2014)
(sumber: esdm.go.id)

Jakarta, ENERGI NASIONAL ** Senin (03/11/2014), Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menerima kunjungan delegasi Sonangol EP dari Angola. Delegasi Sonangol EP dipimpin Chairman of Board of Director Sonangol EP, Francisco de Lemos Jose Maria. Pertemuan ini untuk membicarakan masalah suplai crude oil.

“Prinsip dari supply chain yang baik adalah harus punya sumber-sumber alternatif yang mendekati market. Tidak ada satu pihak yang tergantung, harus ada independensi antara yang satu dengan yang lain,” ujar Sudirman seperti dikutip di laman Kementerian ESDM.

“Presiden Joko Widodo sudah menekankan energi harus diperbaiki. Pertamina harus diperbaiki dengan mencari sumber-sumber alternatif. Sejak awal presiden menekankan mencari sumber-sumber alternatif dan pembelian secara langsung. Nah Sonangol datang sebagai salah satu alternatif source itu,” lanjut Menteri.

Menteri menjelaskan, dalam bisnis tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, tahapan-tahapan untuk perjanjian dengan Sonangol ini sudah pada level kedua yang pertama sudah dilakukan pembicaraan G to G, kemudian yang sekarang sedang dilakukan pembicaraan detail B to B antara Pertamina dengan Sonangol.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dan Sonangol EP telah menandatangani kesepakatan kerjasama dalam Framework Agreement yang dilakukan oleh Plt. Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen dan Chairman of Board of Director Sonangol EP Francisco de Lemos Jose Maria di Jakarta, Jum’at (31/10/2014). Penandangan itu disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Republik Angola Manuel Domingos Vicente.

“Proses ini adalah bagian dari diversifikasi sumber-sumber pasokan sebagai bagian dari a good supply chain management dalam energi nasional,” tutup Sudirman.